LINGKUNGAN
MANAJEMEN
Definisi Lingkungan
manajemen
Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan
Karakteristik Lingkungan
1. Defenisi Lingkungan Manajemen
Lingkungan Manajemen adalah berbagai pengaruh yang bersumber dari dalam dan luar perusahaan
yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi aktivitas manajemen didalam
usaha mencapai tujuan.
A. Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan
§ Menurut beberapa ahli:
1.
Griffin
a. Faktor Internal, meliputi:
1) Karyawan
2) Manajemen
3) Direksi / Pemegang Saham
4) Modal dan Peralatan
Listrik
5) Informasi
b. Faktor Eksternal, terbagi 2 yaitu:
a) Khusus, meliputi:
1) Konsumen 3) Kreditur
2) Pemasok 4) Pesaing
b) Umum, meliputi:
1) Kondisi
Ekonomi 4) Kondisi Demografi
2) Kondisi Hukum 5) Teknologi Informasi
3) Kondisi
Sosial 6) Globalisasi
2.
Menurut
Chuck Willliams
a. Lingkungan Eksternal
Mikro, terdiri dari:
1) Pelanggan 4) Perwakilan Pemerintah
2) Pesaing 5) Lembaga Keuangan
3) Pemasok
b. Lingkungan Eksternal
Makro, terdiri dari:
1) Ekonomi 3) Politik & Hukum
2) Teknologi 4) Sosial Budaya
c. Lingkungan yang
Berubah, terdiri dari:
1) Perubahan stabil;
perubahan lingkungan yang berjalan lambat
2) Perubahan Dinamis;
perubahan yang terjadi dimana angka perubahan lingkungan adalah cepat
3.
Menurut
Stephen P Robbins
a. Lingkungan Eksternal,
terdiri dari:
1) Lingkungan Spesifik 4) Pesaing
2) Pelanggan 5) Kelompok
Kepentingan
3) Pemasok
b. Lingkungan Umum
1) Kondisi Ekonomi 4) Demografi
2) Politik dan Hukum 5) Teknologi
3) Sosial Budaya 6) Kondisi Global
A. Lingkungan Internal
q Lingkungan
Internal adalah lingkungan organisasi yang berada didalam perusahaan atau
organisasi, secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada
perusahaan atau organisasi.
q Lingkungan
internal lebih mudah dikendalikan daripada lingkungan eksternal
q Didalam
lingkungan internal manajemen terdapat Budaya organisasi. Yaitu nilai-nilai
keyakinan & sikap yg berlaku di antara organisasi, yang bersumber dari
pendiri perusahaan.
q Dari
beberapa ahli diatas, secara umum lingkungan internal adalah:
1.
Karyawan; manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan
balasan berupa uang ataupun bentuk lainnya dari perusahaan atau organisasi.
Karyawan dibagi menjadi 2 (dua) klasifikasi yaitu karyawan berkerah putih dan
karyawan berkerah biru.
2. Manajemen; seni
dalam mengelola sumber daya dan menjalankan fungsi-fungsi manajemen untuk
mencapai tujuan perusahaan.
q 3.
Pemegang saham & dewan direksi
q -
Pemegang saham; orang atau badan hukum yang memiliki saham di perusahaan yang
berhak mempengaruhi sebuah keputusan tergantung dari jenis saham yang dimiliki
masing-masing pemegang saham.
q -
Dewan direksi; pihak yang bertanggung jawab menentukan tujuan organisasi,
menentukan strategi mencapai tujuan dan lain-lain.
4. Modal; bagian hak
pemilik dalam perusahaan yang merupakan hasil selisih antara aset dan hutang
sehingga merupakan nilai jual perusahaan
B. Lingkungan Eksternal
n Lingkungan
Eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk
mempengaruhi perusahaan.
n Dari
beberapa ahli diatas dapat disimpulkan lingkungan eksternal perusahaan adalah:
1. Pelanggan; konsumen yang mempunyai daya beli dan
melakukan pembelian berulang
2.
Pesaing; perusahaan didalam industri yang sama dan menjual produk atau
jasa kepada pelanggan
3.
Pemasok; perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja, keuangan dan
sumber informasi kepada perusahaan lain.
4.
Perwakilan pemerintah; pihak yang membuat aturan-aturan dalam operasi
perusahaan untuk melindungi masyarakat dimana aturan itu harus diikuti oleh
perusahaan tersebut.
5.
Lembaga keuangan; pihak yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga dan
memperluas kegiatan-kegiatannya terutama pendanaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar