Sabtu, 24 Oktober 2020

LINGKUNGAN MANAJEMEN

 

LINGKUNGAN
MANAJEMEN

Definisi Lingkungan manajemen

Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan

Karakteristik Lingkungan

 

1. Defenisi Lingkungan Manajemen

Lingkungan Manajemen adalah berbagai pengaruh yang bersumber dari dalam dan luar perusahaan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi aktivitas manajemen didalam usaha mencapai tujuan.

A. Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan

§  Menurut beberapa ahli:

1.    Griffin

a. Faktor Internal, meliputi:

          1) Karyawan

          2) Manajemen

          3) Direksi / Pemegang Saham

          4) Modal dan Peralatan Listrik

          5) Informasi

b. Faktor Eksternal, terbagi 2 yaitu:

          a) Khusus, meliputi:

                   1) Konsumen               3) Kreditur

                   2) Pemasok                   4) Pesaing

          b) Umum, meliputi:

                   1) Kondisi Ekonomi   4) Kondisi Demografi

                   2) Kondisi Hukum      5) Teknologi Informasi

                   3) Kondisi Sosial         6) Globalisasi

2.    Menurut Chuck Willliams

          a. Lingkungan Eksternal Mikro, terdiri dari:

          1) Pelanggan                4) Perwakilan Pemerintah

          2) Pesaing                     5) Lembaga Keuangan

          3) Pemasok

          b. Lingkungan Eksternal Makro, terdiri dari:

          1) Ekonomi                  3) Politik & Hukum

          2) Teknologi                4) Sosial Budaya

          c. Lingkungan yang Berubah, terdiri dari:

          1) Perubahan stabil; perubahan lingkungan yang berjalan lambat

          2) Perubahan Dinamis; perubahan yang terjadi dimana angka perubahan lingkungan adalah cepat

3.    Menurut Stephen P Robbins

          a. Lingkungan Eksternal, terdiri dari:

          1) Lingkungan Spesifik        4) Pesaing

          2) Pelanggan                          5) Kelompok Kepentingan

          3) Pemasok

          b. Lingkungan Umum

          1) Kondisi Ekonomi             4) Demografi

          2) Politik dan Hukum           5) Teknologi

          3) Sosial Budaya                   6) Kondisi Global

 

A. Lingkungan Internal

q  Lingkungan Internal adalah lingkungan organisasi yang berada didalam perusahaan atau organisasi, secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan atau organisasi.

q  Lingkungan internal lebih mudah dikendalikan daripada lingkungan eksternal

q  Didalam lingkungan internal manajemen terdapat Budaya organisasi. Yaitu nilai-nilai keyakinan & sikap yg berlaku di antara organisasi, yang bersumber dari pendiri perusahaan.

q  Dari beberapa ahli diatas, secara umum lingkungan internal adalah:

1. Karyawan; manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa uang ataupun bentuk lainnya dari perusahaan atau organisasi. Karyawan dibagi menjadi 2 (dua) klasifikasi yaitu karyawan berkerah putih dan karyawan berkerah biru.

2. Manajemen; seni dalam mengelola sumber daya dan menjalankan fungsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan.

q  3. Pemegang saham & dewan direksi

q  - Pemegang saham; orang atau badan hukum yang memiliki saham di perusahaan yang berhak mempengaruhi sebuah keputusan tergantung dari jenis saham yang dimiliki masing-masing pemegang saham.

q  - Dewan direksi; pihak yang bertanggung jawab menentukan tujuan organisasi, menentukan strategi mencapai tujuan dan lain-lain.

4. Modal; bagian hak pemilik dalam perusahaan yang merupakan hasil selisih antara aset dan hutang sehingga merupakan nilai jual perusahaan

B. Lingkungan Eksternal

n  Lingkungan Eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.

n  Dari beberapa ahli diatas dapat disimpulkan lingkungan eksternal perusahaan adalah:

            1. Pelanggan; konsumen yang mempunyai daya beli dan melakukan pembelian berulang

2. Pesaing; perusahaan didalam industri yang sama dan menjual produk atau jasa  kepada pelanggan

3. Pemasok; perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja, keuangan dan sumber informasi kepada perusahaan lain.

4. Perwakilan pemerintah; pihak yang membuat aturan-aturan dalam operasi perusahaan untuk melindungi masyarakat dimana aturan itu harus diikuti oleh perusahaan tersebut.

5. Lembaga keuangan; pihak yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga dan memperluas kegiatan-kegiatannya terutama pendanaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebaikan dan kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

 Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna 1. Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna a. Mampu mendorong efisiensi dalam produksi   Dalam ...