Sabtu, 24 Oktober 2020

SUMBER DAYA YANG DIKELOLA MANAJER

 

SUMBER DAYA YANG DIKELOLA MANAJER

  1. Market Standing

            Manajer  akan berupaya mengelola sumber daya organisasi perusahaan sedemikian rupa sehingga produk yang mereka hasilkan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan  pelanggan.

  1. Innovation

            Kemampuan yang dimiliki sumber daya manusia perusahaan untuk menjadikan ide usaha yang mereka miliki menjadi sebuah kenyataan.

  1. Phisical and Financial Resources

            Salah satu sumber keunggulan bersaing perusahaan adalah kepemimpinan biaya

  1. Profitability

            Perusahaan melakukan pengelolaan sumber daya organisasi dengan tujuan agar perusahaan memperoleh profit

  1. Manager Performance and Development

            untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manajer perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan profesinya

  1. Worker  Performance and Attitude

            satu hal penting yang harus diketahui oleh perusahaan selain masalah kinerja karyawan adalah sikap para karyawan terhadap pekerjaan dan juga perusahaan

  1. Public Responsibility

            Pengelolaan sumber daya organisasi dalam kerangka pelaksanaan usaha, harus memiliki tanggung jawab sosial.


Keunggulan Bersaing Perusahaan
(Competitive Advantage)

n  Perusahaan dikatakan memiliki keunggulan bersaing dibanding perusahaan lainnya, bila perusahaan memiliki profitabilitas yang lebih besar dibanding rata-rata profitabilitas pesaing dalam suatu industri.

n  Perusahaan dikatakan memiliki keunggulan bersaing yang berkelanjutan bila perusahaan mampu mempertahankan profitabilitasnya diatas profitabilitas  rata-rata industri selama bertahun tahun.

n  Keunggulan bersaing perusahaan bersumber dari dua hal, yaitu kepemimpinan biaya (Cost Leadership) dan differensiasi  (Differentiation)

a. Kepemimpinan biaya

Perusahaan ada pada keunggulan kepemiminan biaya apabila perusahaan memiliki biaya paling rendah untuk menghasilkan dan memasarkan barang atau jasa dibanding perusahaan lain pada industri yang sama.

b. Differensiasi

Sebuah perusahaan yang akan berusaha untuk mengembangkan ciri khusus produk yang dianggap bernilai oleh pelanggan, sehingga produk perusahaan dianggap bernilai oleh pelanggan, kemudian produk perusahaan memiliki posisi khusus di benak konsumen.

Kalsifikasi Sumber Daya Organisasi

1. Sumber daya berwujud (tangible  resources):
     Aset sumber daya yang dimiliki perusahaan yang dapat dilihat dengan kasat mata.
     Contoh: Bangunan pabrik beserta berbagai peralatan mesin.

2. Sumber daya  tidak berwujud (intangible resources)
    berbagai sumber daya nonfisik yang diciptakan perusahaan dan para karyawannya seperti Merek,             reputasi perusahaan, pengetahuan dan pengalaman SDM perusahaan.
    Contoh: Honda, Toyota, Philips, dll.

3.      Bahan Baku Produksi
            Apabila perusahaan memperoleh pasokan bahan baku yang sama kualitasnya dengan pesaing tetapi    harganya lebih murah, perusahaan berpeluang lebih besar memperoleh keunggulan bersaing                  dibanding para pesaing.

4. Mesin dan Peralatan
Mesin dan peralatan berperan sangat besar dalam penciptaan keunggulan bersaing sebuah perusahaan.

Produktifitas mesin yang tinggi akan mengakibatkan biaya per unit lebih kecil dibanding mesin yang produktifitasnya rendah
5. Teknologi

            Teknologi adalah aplikasi ilmu pengetahuan ke dalam berbagai produk yang dapat membantu manusia dalam kehidupan ini.

            Ilmu pengetahuan mengenai Biologi dan rekayasa genetika saat ini telah dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai produk pertanian yang lebih rentan terhadap hama serta memiliki produktivitas hasil panen yang lebih besar.

6. Pasar

            Pasar  terbentuk akibat adanya interaksi antara permintaan dan penawaran produk. Suatu produk sangat tergantung dengan pasar, karena diterimanya atau tidak ada dipasaran. Jadi perusahaan harus menawarkan produk yang sesuai dengan yang di minta pasar. 

7. Informasi

            Perusahaan saat ini mendayagunakan informasi semaksimal mungkin. Dengan mengunakan informasi ini, perusahaan akan dapat membangun hubungan yang lebih saling menguntungkan dengan pelanggan yang potensial.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebaikan dan kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

 Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna 1. Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna a. Mampu mendorong efisiensi dalam produksi   Dalam ...